Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Konsep IPA

Melis Mardianis

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Setiap siklus teridiri dari planning, action, observation, dan reflection. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas IX di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Bogoe, Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa dari siklus I sebesar 61% menjadi 80% pada siklus II. Persentase skor rata-rata aktivitas kelompok pada siklus I adalah 56% menjadi 100% pada siklus II. Nilai keaktifan siswa pada siklus I adalah 60% menjadi 94% pada siklus II. Berdasarkan hasil pengamatan observer, presentase kreativitas guru pada siklus I adalah 78 % menjadi 95% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA dan aktivitas belajar siswa. Adapun beberapa saran yang perlu dilakukan oleh seorang guru untuk meningkatkan kemampuannya dalam menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD, diantaranya melakukan perencanaan dan persiapan pembelajaran sebelum melakukan pembelajaran, memberikan pelayanan kepada siswa secara optimal, menguasai materi pembelajaran dengan sebaik-baiknya, memberikan pelayanan secara personal atau klasikal secara terpadu, menggunakan alat peraga agar siswa tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran, dan memberikan remedial dan pengayaan, serta mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan siswa sehari-hari.

Keywords


hasil belajar; STAD; IPA

Full Text:

PDF

References


Hanafy. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 17 (1).

Prasetyowati, R. (2014). Pembelajaran IPA SMP Menurut Kurikulum 2013. Makalah PPM, 1-8.

Slavin, R.E. (2005). Cooperative Learning. Theory, research and practice (Cooperative Learning. Teori, Riset, dan Praktik). Terjemahan oleh Lita. 2009. Nusa Media. Bandung.

Sudana, I. P. A., & Wesnawa, I. G. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 1-8.

Vygotsky, L. S. (1978). Socio-cultural theory. Mind in society, 6, 52-58.

Wibawa, B. (2003). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Widodo, W, F. Rachmadiarti, dan S.N Hidayati. (2017). Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud

Wiriaatmadja, R. (2014). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.53889/jpig.v1i1.20

Article Metrics

Abstract view : 322 times
PDF - 380 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License