Fenomena Degradasi Etika Dan Minat Belajar Siswa SMP/SMA Pasca Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Masa Pandemi Covid-19 di Wilayah Tangerang Tahun 2022

Yuni Susilowati, Rizki Isfahani

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui etika dan minat belajar Siswa SMP/SMA Pasca Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Masa Pandemi Covid-19 di Wilayah Tangerang Tahun 2022. Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang bertujuan menganalisis fenomena yang terjadi. Metode analisis kualitatif ini menghasilkan data yang membentuk hasil wawancara, transkrip wawancara, catatan hasil pengamatan, dokumen-dokumen tertulis serta catatan- catatan yang tidak terekam selama pengumpulan data berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etika dan minat peserta didik dalam kategori cukup. Dapat disimpulkan bahwa pasca pembelajaran Jarak Jauh era pandemic COVID-19 yang terjadi dalam kurun waktu 2 tahun berdampak pada penurunan etika peserta didik yang dapat dilihat dari sikap sosial peserta didik kepada guru dan teman sejawatnya dan cenderung terlihat dari respon sosial. Penurunan etika peserta didik terlihat signifikan pada masa pembelajaran tatap muka terbatas, Minat belajar peserta didik dilihat dari 4 aspek yakni perasaan senang, keterlibatan siswa, ketertarikan, dan perhatian siswa memiliki rata-rata presentase 52,79 % termasuk dalam kategori cukup. Dari keempat aspek tersebut mayoritas ketertarikan belajar menempati urutan tertinggi yaitu 58,68% dan dalam kategori cukup, Dampak yang ditimbulkan dari pembelajaran jarak jauh masa pandemic COVID-19 adalah intensitas penggunaan handphone pada peserta didik cukup tinggi. Respon sosial berkurang ditandai dengan sikap kurang peduli terhadap lingkungan sekitar.


Keywords


Etika; Gaya Belajar; Minat Belajar; Covid-19

Full Text:

PDF

References


Arifa, F. N. (2020). TANTANGAN PELAKSANAAN KEBIJAKAN BELAJAR DARI RUMAH DALAM MASA DARURAT COVID-19. Info Singkat KAJIAN SINGKAT TERHADAP ISU AKTUAL DAN STRATEGIS Vol. XII, No. 7/I/Puslit/April/2020

Hudaya, A. (2018). Pengaruh gadget terhadap sikap disiplin dan minat belajar peserta didik. Research and Development Journal of Education, 4(2).

Mahiroh, M. (2022). Analisis Perubahan Karakter Pada Peserta Didik Saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di MTSN 9 Sleman.

Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode penelitian kualitatif. Solo: Cakra Books, 1(1), 3-4.

Putra, E. A. (2016). Anak Berkesulitan Belajar Di Sekolah Dasar Se-Kelurahan Kalumbuk Padang (Penelitian Deskriptif Kuantitatif). Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 4(3).

Republik Indonesia. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19). Kementrian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia, Jakarta.

Rohani, M., & Zulfah, Z. (2021). Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran e-Learning melalui Media Google Classroom untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP Negeri 1 Kuok. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 44-55.

Strauss, A., & Corbin, J. (2003). Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wijaya, H. (2020). Analisis data kualitatif teori konsep dalam penelitian pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.




DOI: https://doi.org/10.53889/jpak.v1i2.307

Article Metrics

Abstract view : 97 times
PDF - 55 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yuni Susilowati, Rizki Isfahani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Abad Ke-21 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Address: Perumahan Citra Gading Blok C5 No.14 RT 05/05 Kel. Cilaku, Kec. Curug, Kota Serang, Provinsi Banten, Indonesia, Post Code 42121