Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Perubahan Bentuk Energi melalui Alat Pembangkit Listrik Generator Mekanik pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD

N. Yanti Suryanti

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA tentang perubahan bentuk energi di salah satu sekolah SD Negeri Pasar Baru kelas IV dan juga untuk mengetahui penerapan alat peraga melalui metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa tentang perubahan bentuk energi. Penelitian ini disebabkan minat belajar yang kurang karena penjelasan guru yang terkesan membosankan. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas sebanyak 30 siswa SD kelas IV.Penelitian ini berlangsung dengan tiga tahapan, yaitu pra-siklus, siklus 1 dan siklus 2. Hasi penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa setela melewati tiga pertemuan pada pelajaran IPA tentang perubahan bentuk energi di salah satu sekolah SD Negeri Pasar Baru kelas IV dan juga untuk mengetahui penerapan alat peraga melalui metode demonstrasi. Kegiatan belajar mengajar tentang perubahan bentuk energi melalui alat pembangkit listrik generator mekanik sangat menarik dilakukan, dimana membuat siswa tuiak merasa jenuh dan efektif untuk pembelajaran IPA di SD.


Keywords


Hasil belajar; Pembelajaran IPA; Alat peraga

Full Text:

PDF

References


Aeni, N., & Yuhandini, D. S. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan media video dan metode demonstrasi terhadap pengetahuan sadari. Jurnal Care, 6(2).

Endayani, T. B., Rina, C., & Agustina, M. (2020). Metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(2), 150-158.

Kemmis, S., Wilkinson, J., Edwards-Groves, C., Hardy, I., Grootenboer, P., & Bristol, L. (2013). Changing practices, changing education. Springer Science & Business Media.

Nahdi, D. S., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya meningkatkan pemahaman konsep siswa melalui penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9-16.

Nurmalis, N. (2015). Implementasi Penggunaan Alat Peraga Lidi Perkalian dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN 05 Nan Sabaris. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(1).




DOI: https://doi.org/10.53889/jpak.v1i1.203

Article Metrics

Abstract view : 185 times
PDF - 157 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 N. Yanti Suryanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Abad Ke-21 is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Address: Perumahan Citra Gading Blok C5 No.14 RT 05/05 Kel. Cilaku, Kec. Curug, Kota Serang, Provinsi Banten, Indonesia, Post Code 42121