Persepsi Keluarga tentang Motivasi Kaum Perempuan Menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW) ke Luar Negeri dan Pengaruhnya Terhadap Tingkat Kemiskinan: Sebuah Studi Kasus di Kecamatan Pontang Kabupaten Serang, Indonesia

Siti Muhibah

Abstract


Memperoleh penghasilan merupakan tanggung jawab suami sebagai kepala  rumah tangga. Namun demikian ada kalanya pendapatan dari suami kurang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan keluarga ditambah dengan kondisi ekonomi yang kian tidak menentu dan berubahnya pola pikir perempuan menjadikan perempuan berani mengambil keputusan untuk keluar rumah dan bahkan sampai dengan bekerja menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW) guna membantu memenuhi kebutuhan keluarga yang kurang tercukupi tersebut. Tujuan penulisan naskah ini adalah untuk mendekripsikan; (1) Bagaimana persepsi keluarga tentang Motivasi kaum perempuan menjadi TKW ke luar negeri (2) Bagaimana pengaruh kaum perempuan menjadi TKW ke luar negeri  terhadap tingkat kemiskinan dalam keluarganya. Metode yang digunakan adalah studi kasus. Hasil yang diperoleh ialah (1) Motivasi kaum perempuan di Kecamatan Pontang menjadi TKW ke luar negeri terbagi menjadi 2, yaitu: motivasi ekonomi dan motivasi pribadi. Dalam hal ini, kebanyakan berlatar belakang ekonomi atau kemiskinan (2) Karakteristik TKW yang berangkat dengan motivasi ekonomi mendapat dukungan yang cukup dari keluarga, berasal dari keluarga yang merasa miskin, dan memiliki keyakinan yang tinggi untuk berhasil serta mampu mengirimkan uang dengan jelas (3) Karakteristik TKW yang berangkat dengan motivasi pribadi belum mendapat dukungan yang cukup dari keluarga dan keyakinan untuk menjadi TKW berhasil memiliki taraf sedang serta belum  jelas dalam pengiriman uang ke keluarganya (4) Bagi keluarga yang ditinggalkan TKW masih merasa miskin dan belum merasa bahagia, bahkan kurang mendapatkan kasih sayang dalam keluarga dari TKW yang bersangkutan. Dengan demikian, motivasi kaum perempuan di Kecamatan Pontang menjadi TKW ke luar negeri terbagi menjadi 2, yaitu: motivasi ekonomi dan motivasi pribadi.


Full Text:

PDF

References


Mutiarasari, A. (2018). Peran entrepreneur meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mengurangi tingkat pengangguran. Dinar: Jurnal Prodi Ekonomi Syariah, 1(2), 51-75.

Pertiwi, P. (2015). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan tenaga kerja di Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Rai, N., & Thapa, B. (2015). A study on purposive sampling method in research. Kathmandu: Kathmandu School of Law, 5.

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41-53.

Silooy, M. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kemiskinan Absolut Masyarakat Pesisir (Nelayan) Di Desa Seilale Kecamatan Nusaniwe. Jurnal Cita Ekonomika, 11(1), 79-84.

Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of scientific communication (jsc), 1(1).




DOI: https://doi.org/10.53889/jskkm.v1i1.254

Article Metrics

Abstract view : 120 times
PDF - 93 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Studi Kasus Kegiatan Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Studi Kasus Kegiatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License